4000 Pejabat Publik Turki Dipecat

Senin, 01 Mei 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, ANKARA – Lebih dari 4.000 pejabat publik, termasuk pekerja kementerian kehakiman dan tentara militer Turki telah dipecat dalam sebuah tindak lanjut serangkaian pemecatan terkait dengan usaha kudeta yang gagal pada bulan Juli 2016.

“ Pembersihan pada hari Sabtu melibatkan lebih dari 2.000 pegawai peradilan dan staf tentara, serta lebih dari 100 pilot angkatan udara,” wartawan BBC melaporkan hal ini sebagaimana dikutip Sputnik, Minggu (30/04).

Pada hari yang sama, pihak berwenang negara memberlakukan larangan dalam sebuah dekrit terpisah mengenai acara TV, dengan bahwa mereka merongrong kebiasaan dan tradisi Turki.

Langkah-langkah tersebut dilakukan setelah Turki memblokir akses ke ensiklopedia online Wikipedia karena berkomentar mengenai kerja sama Ankara dengan berbagai kelompok teror pada hari Sabtu.

Pada tanggal 16 April, referendum mengenai perluasan kekuatan presiden terjadi di Turki dengan lebih dari 51 persen pemilih mendukung amandemen yang diusulkan yang mempertimbangkan pemindahan dari sistem parlementer ke presidensial dan memperluas kekuasaan presiden atas badan legislatif dan pengadilan.

Situasi di negara tersebut mengalami ketegangan setelah usaha kudeta yang gagal tahun lalu. Ditangkapnya ribuan orang, termasuk wartawan dan aktivis, serta saran yang dibuat oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk mengembalikan hukuman mati untuk menghukum tersangka pelaku, telah menjadi perhatian sejumlah pejabat Uni Eropa. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment