Bahas Krisis Suriah dan Irak, Pemimpin Militer Turki, Rusia, AS Bertemu di Antalya

Rabu, 08 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, ANKARA – Militer Turki mengatakan staf umum telah bertemu dengan rekan-rekan Rusia dan Amerika di Turki, membahas situasi di Irak dan Suriah.

Pertemuan antara Gens. Hulusi Akar, Valery Gerasimov, dan Joseph Dunford terjadi di tenggara kota Antalya, Selasa (7/03/2017), kata sumber militer.

“Masalah umum yang berkaitan dengan keamanan regional, khususnya di Suriah dan Irak, yang sedang dibahas pada pertemuan tersebut,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Turki dan Rusia adalah dua dari tiga negara – yang lainnya adalah Iran – yang berhasil memfasilitasi kesepakatan gencatan senjata antara pihak yang bertikai di Suriah. Tiga negara penjamin juga telah menengahi pembicaraan antara pemerintah Suriah dan oposisi terhadap penyelesaian konflik enam tahun di Suriah.

Turki waspada terhadap kehadiran pejuang Kurdi dekat perbatasan di Suriah dan Irak. Turki telah mengerahkan pasukan pada kedua negara Arab tanpa persetujuan mereka untuk mengendalikan gerakan mereka.

Para pejuang Kurdi telah merebut wilayah yang cukup luas dari kelompok teroris Takfiri Daesh di Suriah dan telah  berkontribusi dalam operasi kontraterorisme di Irak.

Menurut surat kabar Turki Hurriyet, rencana pasukan Turki dan AS menggempur Raqqah baik melalui kota terdekat dari al-Bab atau kota perbatasan Tal Abyad. [Voai]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment