Cari Dukungan untuk Kerajaan, Saudi Sogok Trump Puluhan Juta Dolar

Minggu, 30 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, RIYADH – Wakil Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman telah menyogok pemerintah AS yang baru dengan membayar 56 juta dolar kepada Donald Trump, kata sumber media.

Menurut situs berita Naba yang berafiliasi dengan pembangkang Saudi, bin Salman membayar AS untuk membeli dukungannya atas mahkota kerajaan Al Saud.

“Karena kepuasan Paman Sam adalah langkah pertama bagi pangeran Saudi untuk mendapatkan mahkota tersebut, menyogok Washington tampaknya merupakan fakta yang harus diambil,” tulis Rami Khalil, seorang reporter dari situs Naba.

Dia menambahkan dikarenakan Undang-Undang Pelanggaran terhadap Terorisme (JASTA) seperti pedang di atas kepala al-Saud, mereka tidak memiliki jalan keluar selain menyuap AS, dan menegaskan bahwa rawa Yaman juga merupakan alasan lain bagi Riyadh untuk mencari dukungan Washington.

Seorang analis terkemuka Yaman mengatakan awal bulan ini bahwa AS telah dibayar triliun-an dolar oleh Arab Saudi untuk melindungi mahkotanya, dan menambahkan bahwa Riyadh baru-baru ini menyuap Washington untuk dukungan perang Yaman dengan 200 juta dolar.

“Washington telah meminta lebih banyak uang untuk mempertahankan rezim Saudi dan Riyadh baru saja membayar 200 juta dolar ke AS atas biaya dukungannya untuk perang di Yaman,” Saleh al-Qarshi mengatakan kepada FNA.

“Ini terpisah dari sejumlah besar uang yang dibayar oleh Arab Saudi ke kas negara AS untuk melindungi mahkotanya,” tambahnya.

Menurut al-Qarshi, mantan Kepala Intelijen Saudi Turki al-Feisal mengungkapkan bahwa negaranya telah membeli obligasi pemerintah AS yang memiliki keuntungan rendah untuk membantu ekonomi AS. [Voai]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment