Drone Mata-mata AS-Inggris Kompak Mengintai Rusia

Menurut situs-situs ini, pesawat AS jenis RC-135W yang lepas landas dari pangkalan udara Mildenhall di Inggris telah melakukan misi pengintaian elektronik di dekat wilayah Rusia, termasuk provinsi Kaliningrad selama beberapa jam. Berdasarkan penyelidikan Rusia dari aksi pengintaian sebelumnya, diduga pesawat ini melintas juga untuk menjalankan misi pengintaian di dekat provinsi Pskov dan Leningrad.

Situs-situs ini juga menyebutkan dalam tulisannya bahwa mereka belum memiliki informasi detail mengenai lintasan pesawat tempur AS ini disebabkan oleh penutupan transmitter responder saat terbang. (Baca: Moskow Bongkar Aksi Spionase AS dan CIA di Rusia)

Situs-situs ini juga mengungkapkan bahwa pesawat Inggris dengan jenis yang sama yang lepas landas dari pangkalan Woodington juga ikut serta dalam misi pengintaian ini dengan pesawat AS.

Dilaporkan bahwa misi pengintaian gabungan antara pesawat mata-mata AS dan Inggris ini yang dilakukan di dekat perbatasan Rusia di wilayah Baltik ini bukanah pertama kalinya, sebelumnya pada akhir februari lalu  pengintaian di wilayah ini juga pernah dilakukan. (Baca: Intelijen Perancis: AS Memata-matai Istana Sarkozy)

Selain itu, pada hari jumat kemarin (10/03) pesawat pengintai Swedia berjenis Gufstream-4 juga melakukan misi pengintaian di sepanjang wilayah pesisir di provinsi Kaliningrad Rusia dan terbang dengan ketinggian 12 km di atas perairan internasional. (Voai)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment