Hasil Kesepakatan Para Pemimpin Arab; Serukan Solusi Damai di Suriah

Kamis, 30 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, AMMAN – KTT Liga Arab, yang diselenggarakan pada hari Rabu kemarin di ibukota Yordania Amman, menyimpulkan pada hari yang sama, dalam pernyataan penutupannya yang menekankan solusi damai di Suriah. (Baca juga: Liga Arab Kutuk Intervensi Turki di Suriah)

Al Masdar melaporkan pada Kamis (30/03) bahwa pernyataan itu menyebutkan  krisis Suriah tidak dapat diselesaikan dengan cara  militer, menyerukan proses politik yang mempertahankan integritas Suriah.

Para pemimpin Arab itu juga menyatakan dukungan penuh mereka ke Irak dalam menghadapi kelompok teroris, dan memuji upaya negara dalam memerangi teror. (Baca juga: Menlu Irak: Stabilitas Irak-Suriah Saling Terkait)

Pernyataan penutup itu juga menyoroti bahwa negeri Palestina berhak untuk mendirikan “negara merdeka”, dan menyeru tentara Israel untuk menarik diri dari semua wilayah Arab yang mereka duduki pada tahun 1976. (Baca juga: Riyadh Gagal Dapat Dukungan Anti-Iran dalam KTT Liga Arab di Mauritania)

Perlu dicatat bahwa sesi KTT Arab ini tidak pernah mencapai resolusi praktis apapun yang dapat mengakhiri salah satu krisis regional beberapa negara Arab atau setidaknya memberikan kontribusi langsung kepada bencana yang terjadi terhadap bangsa-bangsa di kawasan. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment