Kantor Media Korsel: Korea Utara Gagal Luncurkan Rudal Barunya

Minggu, 16 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, PYONGYANG – Korea Utara telah berusaha untuk meluncurkan rudal, tapi gagal. Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan hal ini pada hari Minggu (16/04) mengutip Kepala Staf Gabungan negara.

Peluncuran itu dikabarkan berlangsung dari kota Sinpo di tengah provinsi Hamgyong Selatan.

Ini adalah peluncuran kedua Korea Utara dari wilayah Sinpo bulan ini. Pada tanggal 5 April, Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak menengah KN-15 berkemampuan nuklir yang terbang selama sekitar sembilan menit ddengan jarak 60 kilometer sebelum jatuh di Laut Jepang.

Pemerintah Korea Selatan menyatakan tengah menyelidiki peristiwa tersebut untuk mendapatkan rincian lebih jauh.

Keterangan Korsel ini diamini komando militer Amerika Serikat di Pasifik. “Rudal itu meledak hampir segera (setelah diluncurkan),” ujar Panglima Komando Militer AS di Pasifik, Dave Benham.

Peluncuran itu berlangsung sehari setelah peringatan kelahiran pendiri Korut, Kim Il-sung, yang ke-105 tahun.

Tentara, kendaraan lapis baja dan perlengkapan militer tampil dalam parade di Pyongyang Sabtu (15/04) untuk mempertontonkan kekuatan.

Dalam kesempatan itu, pejabat militer Korea Utara, Choe Ryong-Hae, menegaskan bahwa pihaknya “bersiap untuk merespons sebuah perang habis-habisan dengan perang habis-habisan.”

Dia menambahkan, “Kami siap untuk membalas dengan serangan nuklir gaya kami untuk melawan segala serangan nuklir.” (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment