Kerap Bocorkan Rahasia AS, Assange Terancam Dipenjarakan

Jum’at, 21 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, WASHINGTON DC – Para Pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa mereka telah menyiapkan tuntutan terhadap Assange. Langkah tersebut menyusul pidato Direktur CIA Mike Pompeo yang baru-baru ini menyatakan bahwa perlindungan Amandemen Pertama tidak berlaku untuk Assange, dan WikiLeaks adalah “badan intelijen non-negara bagian”.

Menurut laporan CNN yang dikutip Sputnik, Jum’at (21/04), jaksa percaya mereka telah menemukan cara untuk menuntut Assange tanpa melanggar perlindungan Amandemen Pertama. Pada hari Kamis, Jaksa Agung AS Jeff Sessions mengatakan bahwa penahanan Assange adalah “prioritas”.

“Kami sudah mulai meningkatkan usaha kami dan kapan pun sebuah kasus bisa dibuat, kami akan berusaha memasukkan beberapa orang ke dalam penjara,” tekan Sessions.

Washington Post melaporkan bahwa jaksa telah menyusun sebuah memo yang berisi tuduhan terhadap staf WikiLeaks yang dapat mencakup persekongkolan, pencurian properti pemerintah atau pelanggaran Undang-Undang Spionase. Para pejabat AS telah mengatakan kepada mereka bahwa memo itu belum lengkap dan persetujuan untuk itu akan dibutuhkan di tingkat tertinggi peradilan AS untuk mengajukan tuntutan.

Pada tanggal 13 April, Pompeo meluncurkan serangan publik ke WikiLeaks, Assange, Edward Snowden dan bahkan the Intercept. Selama pidato tersebut, Pompeo mencoba mengasosiasikan Assange dengan Nazi Jerman, yang menyatakan bahwa “Assange dan sejenisnya bekerja sama dengan para diktator saat ini.”Padahal Kurang dari satu tahun sebelum komentarnya ini, Pompeo men-tweet dari akun Twitter Kongresnya yang memiliki link ke dokumen yang diterbitkan oleh WikiLeaks.

Menanggapi hal ini Assange membela dirinya dan WikiLeaks sebagai outlet berita yang memenangkan penghargaan, menunjukkan bahwa CIA lebih baik meluangkan waktu dan energinya untuk memusatkan perhatian pada ancaman spionase asing yang dibuat oleh China dan Korea Utara. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment