Koalisi Pimpinan Arab Saudi Kembali Gunakan Bom Cluster di Yaman

Kamis, 09 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, LONDON –  Koalisi yang dipimpin Arab Saudi telah melakukan serangan ke Yaman dengan menggunakan munisi tandan/bom cluster yang terlarang ke wilayah pemukiman. Hal itu disampaikan Amnesty International pada hari Kamis (09/03)

Dalam sebuah pernyataan, Amnesty menyebut bahwa Bom Cluster produksi Brazil itu ditembakkan dalam serangan 15 Februari pada tiga daerah pemukiman dan lahan pertanian di provinsi Saada utara Yaman.”

Amnesty juga melaporkan bahwa koalisi menggunakan munisi tandan pada bulan Oktober 2015 dan Mei tahun lalu.

“Koalisi secara absurd membenarkan penggunaan munisi tandan dengan mengklaim hal tersebut sesuai dengan hukum internasional, meskipun bukti konkret menunjukkan bahwa hal itu memakan korban warga sipil yang terperangkap dalam konflik”, kata Lynn Maalouf, direktur riset di kantor regional Amnesty di Beirut.

“Bom Cluster secara inheren adalah senjata sembarangan yang menimbulkan kerugian yang tak terbayangkan pada kehidupan sipil,” katanya.

Amnesty menyeru Brasil “untuk bergabung dengan Konvensi Bom Cluster dan kepada Arab Saudi serta anggota koalisi untuk menghentikan semua penggunaan bom cluster”.

Secara terpisah, Human Rights Watch pada bulan Desember menuduh koalisi menembakkan roket buatan Brazil yang berisi bom cluster dekat dua sekolah di Saada, menewaskan dua warga sipil dan melukai enam orang termasuk seorang anak. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment