KOMPAK!!! Israel dan AS Tendang Iran dari Suriah dan Kawasan Timur Tengah

VOA-ISLAMNEWS.COM, ISRAEL – Menteri Transportasi dan Intelijen Israel Yisrael Katz telah menyerahkan kepada pemerintahan presiden Donald Trump sebuah dokumen untuk menghentikan pengaruh Iran di Suriah. (Baca: Presiden Tunisia: Iran Satu-satunya Harapan Melawan Zionis Israel)

Surat kabar Israel “Yediot Ahronot” di situs internetnya mempublikasikan sebuah proposal yang dibuat oleh Menteri Katz selama kunjungannya ke AS, yang berisi lima poin utama yang semuanya bertujuan untuk menendang Iran dan mencegah ekspansinya di Timur Tengah antara lain Irak, Suriah dan Lebanon.

Surat kabar ini mengatakan bahwa “salah satu poin yang terkandung dalam nota kesepahaman tersebut adalah pengakuan AS akan kedaulatan Israel di dataran tinggi Golan”. Dataran tinggi Golan adalah wilayah yang telah diduduki oleh Israel dalam perang tahun 1967, dan Israel mencaploknya pada tahun 1981. (Baca: WOW! Iran Ancam Israel, Radar Kami Mampu Deteksi Nafas Para Pilot Zionis)

Perdana Menteri Israel Benjamin Netahanyu telah membahas masalah ini lebih dari sekali dengan pemimpin Rusia dan AS, yang menunjukkan keinginan Israel untuk mengambil keuntungan dari situasi yang ada untuk menekan ke arah lepasnya dataran tinggi Golan dari Suriah.

Nota kesepahaman yang ditulis Menteri Israel ini mencakup tentang penentangan umum akan kehadiran militer Iran yang terus berada di Suriah, dan memberlakukan sanksi kepada Teheran agar mereka bisa menghentikan bantuan militer dan keuangan yang diberikan Teheran kepada Hizbullah dan mengintensifkan sanksi atas Iran, seperti dilansir Arabic.rt (29/04). (Baca: Analis: Kehadiran Iran di Suriah Bikin Emosi Israel)

Surat kabar ini juga mengutip dari Katz yang mengatakan bahwa “Kami sedang bekerja dalam membangun kesehapahaman dengan AS untuk menghentikan Iran dan juga memperkuat inisiatif kerjasama regional”. (Voai)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment