Lebih dari 60 % Wilayah di Kanan Mosul Telah Dibebaskan dari ISIS

Juru bicara komando operasi gabungan, Brigadir Jenderal Yahya Rasul mengatakan dalam sebuah pernyataan persnya bahwa “unit polisi federal dan pasukan respon cepat Irak terus bergerak maju ke wilayah Bab al-Tob, Bab al-Bayd, al-Mawsil al-Qadimah dan terlibat pertempuran sengit dengan teroris ISIS yang didukung dengan AU Irak”. Brigjen Rasul menambahkan bahwa “pasukan anti-terorisme Irak juga telah menguasai wilayah al-Risalah dan apartemen Nablus setelah membersihkan dua wilayah ini seluruhnya”.

Ia mengatakan bahwa “disisi lain, pasukan lapis baja divisi sembilan dan dua divisi pasukan perjuangan lainnya terus bergerak maju ke wilayah di barat Mosul setelah membebaskan daerah Badush dan menguasai puluhan desa dan memyebabkan kerugian besar di barisan teroris ISIS”, sebagaimana yang diungkapkan kantor berita Irak pada hari kamis (23/03). (Baca: Ribuan Tentara Irak Grebek Pertahanan Teroris di Pinggiran Mosul)

Brigjen Rasul mengatakan bahwa “kemajuan operasi pasukan Irak disertai dengan tewasnya ratusan teroris ISIS dan meledaknya puluhan kendaraan pengebom milik mereka, dan jumlah teroris ISIS yang tersisa saat ini di wilayah kanan Mosul hanyalah sedikit, dan mereka sangat bergantung pada bom-bom mobil dan dan para sniper”.

Ia juga menegaskan bahwa “pasukan Irak juga hampir membebaskan menara al-Hadbaa dan jalan al-Nouri al-Kabir yang menjadi simbol ISIS dan pasukan Irak telah berhasil membersihkannya dari ISIS beberapa meter”. (Baca: Tentara Irak Hancurkan Bengkel Pembuatan Mobil dan Peledak ISIS di Mosul)

Ia juga mengungkapkan bahwa “jumlah ISIS yang berada di willayah kanan Mosul berdasarkan laporan yang ia dapat yang sesuai dengan laporan intelijen mencapai 1.500 orang bukanlah 2.000orang setelah kemajuan yang dicapai pasukan Irak dan penguasaan lebih dari 60% wilayah sisi kanan Mosul yang telah menewaskan ratusan teroris ISIS”. (Voai)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment