Memanas, 50 Warga Korut SegeraDideportasi Malaysia

Selasa, 14 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, Kuala Lumpur – Ahmad Zahid Hamidi selaku Menteri Dalam Negeri Malaysia mengatakan negaranya akan segera mendeportasi 50 orang warga negara Korea Utara (Korut). Ironisnya, langkah itu dilakukan di tengah larangan bagi warga Korut untuk meninggalkan Negeri Jiran.

Memanasnya hubungan Malaysia-Korut terjadi setelah pembunuhan terhadap Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un. Keduanya saling ‘menyandera’ warga negara satu sama lain. Sembilan orang warga Malaysia terjebak di Korut, sementara ratusan warga Korut tersandera di Malaysia.

Warga Korut yang akan dideportasi itu adalah para pekerja di Sarawak. Menteri Dalam Negeri sekaligus Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi hanya menuturkan singkat bahwa 50 warga Korut di Sarawak yang melebihi batas waktu tinggal akan segera dideportasi tanpa menjelaskan pemicu tindakan tersebut.

Menurut informasi data dari Departemen Imigrasi, Zahid menuturkan ada 2.453 orang warga Korut yang pernah tinggal di Malaysia sepanjang periode 2014-2017. Ke-193 orang itu menetap di Malaysia sebagai bagian dari program Rumah Kedua milik Kementerian Pariwisata.

“Dari 2.453 orang, 801 orang menetap di sini dengan visa kunjungan atau bekerja sementara. Sebanyak 193 orang berada di bawah program Kementerian Pariwisata, 11 orang adalah pelajar, sisanya adalah pekerja tambang di Sarawak,” tutur Zahid, mengutip dari Malaysia Kini. Ia menambahkan, hanya tersisa 315 orang warga Korut di Malaysia karena sisanya sudah kembali. (VOAI/okezone)

Related posts

Leave a Comment