Mogok Kerja Staf Berlanjut hingga Rabu, Bandara Berlin Kembali Lumpuh

Selasa, 14 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, Berlin – Bandara Berlin, Jerman tetap lumpuh hingga hari ini mengingat para staf bandara melanjutkan mogok kerjanya hingga Rabu 15 Maret 2017. Semenjak Jumat lalu, mogok kerja para staf bandara telah menyebabkan dibatalkannya lebih dari 1.000 penerbangan.

Awalnya mogok kerja para ground crew diklaim akan berakhir pada hari ini Selasa 14 Maret. Namun serikat Verdi menyatakan mogok kerja itu akan diperpanjang hingga Rabu pagi.

Mogok kerja di bandara Tegel dan Schoenefeld yang melayani penerbangan maskapai Air Berlin, Ryanair, EasyJet dan Lufthansa pada Senin 13 Maret menyebabkan setidaknya 660 penerbangan. Bahkan Reuters mewartakan, secara faktanya dengan mogok kerja ini maka kedua bandara tersebut terlihat lumpuh.

Banyak penerbangan yang dibatalkan memicu pihak maspakai mengalihkan para penumpang untuk terbang melalui bandara lainnya. Maskapai EasyJet menuturkan, selama mogok kerja mereka akan beroperasi di Bandara Dresden sedangkan Air Berlin mengoperasikan penerbangannya di Hanover.

Mogok kerja ini diawali dengan pihak serikat yang menuntut kenaikan 1 euro atau sekira Rp14.200 di upah per jam para ground crew. Sebelumnya manajemen bandara Berlin menawarkan kenaikan 10 sen di upah per jam selama empat tahun yang kemudian berubah menjadi delapan persen selama tiga tahun.(VOAI/okezone)

Related posts

Leave a Comment