Organisasi Larangan Senjata Kimia Segera Kirim Ahli ke Khan Shaikhoun

Sabtu, 29 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, DEN HAAG – Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW) siap mengirim para ahlinya ke kota Suriah Khan Shaikhoun dimana terjadi serangan senjata kimia. Direktur Jenderal OPCW, Ahmet Uzumcu mengatakan hal ini pada hari Jumat (28/04).

“Daerah ini dikendalikan oleh kelompok oposisi bersenjata yang berbeda, jadi kita perlu melakukan kesepakatan dengan mereka, kita perlu memastikan gencatan senjata sementara,” katanya. “Tim siap untuk pergi ke sana dan kami memiliki relawan,” kata Uzumcu sebagaimana dikutip TASS.

OPCW belum sampai pada kesimpulan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas insiden senjata kimia di Suriah.

“Kami menyatakan bahwa kami menemukan sarin, ini adalah pernyataan yang sebenarnya dan saya bisa memastikannya sekarang, tapi kami belum tahu bagaimana kejadiannya,” katanya.

Insiden di Provinsi Idlib Suriah, di mana gas syaraf Sarin diduga digunakan, terjadi pada tanggal 4 April. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Angkatan Udara Suriah telah melakukan serangan di sebuah fasilitas di mana militan telah memproduksi agen kimia beracun namun Washignton menuduh Pemerintah Suriah memanfaatkan senjata kimia, dan Angkatan Laut AS mengirim sebuah serangan rudal ke pangkalan udara Suriah di Shayrat, Homs. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment