Peluncuran Rudal Balistik Korut Dikutuk Amerika Serikat

VOA-ISLAMNEWS.COM, WASHINGTON – Peluncuran rudal Korea Utara pada hari Minggu (5/3/2017 sangat dikutuk oleh Amerika Serikat. AS menegaskan kembali komitmennya untuk mempertahankan dirinya sendiri dan Korea Selatan dengan menggunakan berbagai macam kemampuan yang dimiliki.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner mengatakan bahwa Amerika Serikat mengutuk DPRK meluncurkan rudal balistik malam ini, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB secara eksplisit melarang Korea Utara menggunakan teknologi misil balistik.

Toner mengatakan AS mengajak semua negara untuk menggunakan setiap cara dan pengaruh untuk menanggapi aksi Korea Utara agar tidak membuat provokasi lanjutan. Serta mengajak semua negara di dunia untuk mengambil langkah-langkah tegas menyikapi konsekuensi yang melanggar hukum oleh Korea Utara.

Dia juga mendesak Korea Utara untuk menahan diri dari tindakan provokatif dan retorika inflamasi, dan untuk membuat pilihan yang strategis untuk memenuhi kewajiban internasional serta komitmen dan kembali ke pembicaraan serius denuklirisasi.

“Kami berkomitmen mempertahanan sekutu, termasuk Republik Korea dan Jepang, dalam menghadapi ancaman ini,” kata Toner.

“Kami tetap siap, dan akan terus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesiapan kita untuk membela diri dan sekutu-sekutu kita dari serangan, dan siap untuk menggunakan berbagai macam kemampuan yang kita miliki hadapi ancaman ini.”

Sebelumnya, kata militer Korea Selatan, Korea Utara menembakan empat rudal balistik ke timur laut. Peluncuran rudal dilakukan sebagai protes dalam menanggapi latihan militer gabungan tahunan berkelanjutan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat. (VOAI/Tribunnews)

Related posts

Leave a Comment