Pemakaman Mantan Mendagri M Ma’ruf Diiringi Tembakan Salvo

Jumat, 10 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, Jakarta – Upacara pemakaman Mantan Menteri Dalam Negeri Letnan Jenderal TNI (Purn) Mohammad Ma’ruf di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2017) dipimpin oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto memimpin

Upacara kemiliteran dibuka dengan pembacaan apel persada oleh Wiranto sebagai inspektur upacara yang dimulai tepat pukul 14.30 WIB sesaat setelah jenazah Ma’ruf tiba di area pemakaman.

“Semoga roh dan jiwanya mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga dharma bakti bisa menjadi teladan bagi kita semua,” kata Wiranto.

Setelah pembacaan apel persada, jenazah Ma’ruf dimakamkan dengan diiringi tembakan salvo sebanyak satu kali oleh lima personel TNI Angkatan Darat. Salvo merupakan prosesi kehormatan dalam acara pemakaman kemiliteran sebagai tanda kehormatan.

Menurut pantauan di lapangan, sejumlah petinggi TNI, pejabat dan mantan pejabat pemerintahan hadir dalam upacara tersebut, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Selain itu hadir pula Kepala Staf Umum Mabes TNI Letjen Didit Ashaf, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Mulyono dan Pangdam Jaya Mayjen Jaswandi, Mantan Wakil Presiden Boediono, Mantan Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan dan Mantan Menko Polhukan Agum Gumelar.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Ma’ruf mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Advent, Bandung, Jawa Barat. Beliau dirawat di Rumah akibat serangan jantung dan stroke sejak 30 Maret 2007.

Jenazah disemayamkan di Jalan Parakan Arum Nomor 21, Bandung. Ma’ruf pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.pada Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I. (VOAI/Kompas)

Related posts

Leave a Comment