Puluhan Imigran Kuba yang Disekap Berhasil Diselamatkan Polisi Meksiko

Minggu, 5 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, KOTA MEKSIKO – Polisi Meksiko menyelamatkan 31 imigran gelap dari Kuba, yang telah ditahan di sebuah rumah di kota resor Cancun. Departemen Keselamatan masyarakat kota mengatakan hal ini dalam sebuah pernyataan.

Sputnik melaporkan pada Minggu, (05/03) bahwa menurut pernyataan itu, para imigran Kuba tersebut disekap di ruang bawah tanah selama dua bulan oleh sekelompok orang bersenjata, yang menuntut uang untuk pembebasan mereka dari para kerabat, yang berada di Amerika Serikat.

Para imigran Kuba itu menerima bantuan medis yang diperlukan setelah diselamatkan melalui sebuah operasi khusus. Mereka mencoba untuk menyeberang ke Amerika Serikat dari Meksiko.

Sejak Presiden Obama mengumumkan pada 2014 bahwa AS akan melanjutkan meningkatkan hubungan bilateral dengan Kuba, migrasi dari negara pulau itu telah melonjak. Pada 2015, entri Kuba meningkat 78 persen lebih banyak dari tahun 2014, menurut data US Customs and Border Protection. Sekitar 56.000 orang Kuba tiba di AS melalui pelabuhan masuk pada tahun 2016, melompat 31 persen dari 2015.

Pada bulan Januari, Pemerintahan Obama mencabut 20 tahun kebijakan “wet foot, dry foot” yang memungkinkan orang-orang Kuba tiba di AS tanpa visa untuk menjadi penduduk tetap. Langkah itu berarti bahwa setiap orang Kuba yang kini tiba di AS berrisiko dikirim kembali.

Sejak berakhirnya kebijakan ‘wet foot, dry foot’ aliran migran tidak berdokumen yang mencoba untuk mencapai AS telah turun secara signifikan. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment