Rayu Putin Stop Bantu Suriah, Menlu AS Kunjungi Rusia

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Kementerian Luar Negeri Rusia berharap “pembicaraan produktif” dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson saat ia tiba di Moskow pada kunjungan pertamanya. (Baca: Putin: Obama Rusak Ekonomi AS dan Eropa Hanya Untuk Hancurkan Rusia)

Kementerian itu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa hasil dari pembicaraan itu penting tidak hanya untuk hubungan Rusia-AS tapi “untuk seluruh suasana di panggung dunia.”

Tillerson mendarat di Moskow pada hari Selasa (11/04/2017). Dia merencanakan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Diplomat AS juga akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun, Kremlin telah menolak mengatakan apakah Presiden Putin akan bertemu dengan Tillerson.

Selama kunjungan, Menteri Luar Negeri AS dikabarkan akan membujuk Rusia untuk meninggalkan Suriah, yang telah dicengkeram oleh militansi yang didukung asing sejak Maret 2011.

Kunjungan itu beberapa hari setelah serangan kimia di Suriah dan serangan rudal AS pada basis tentara Suriah. Moskow telah menyatakan bahwa serangan AS sebagai “tindakan agresi”. (Baca: Putin Menang Telak Atas Obama di Kancah Dunia)

Tillerson sebelumnya mengakui bahwa Rusia dapat memainkan peran dalam masa depan Suriah. Dan baru-baru ini Tillerson mengatakan Rusia harus memilih antara Amerika Serikat dan Presiden Suriah Bashar Assad. (Voai)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment