Ribuan Kasus Pidana Penghinaan Presiden Turki Telah Dibuka

Sabtu, 18 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, ANKARA – Sebanyak 2.673 kasus pidana atas tuduhan menghina Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah diajukan selama enam bulan terakhir. Data ini didapat dari laporan untuk Platform Bersama Hak Asasi Manusia (IHOP) pada hari Jum’at (17/03).

Menurut Turkish Minute, dari orang-orang dengan kasus yang diajukan terhadap mereka, 280 tersangka telah dibebaskan.

Menurut laporan itu, sekitar 3.134 orang juga telah diadili atas tuduhan menghina presiden sejak tahun 1993, sedang 1.953 orang telah diajukan pada tahun 2015.

Pada tahun 2016, sejumlah tuntutan hukum telah diajukan terhadap para wartawan, seniman dan mahasiswa di Turki. Tuntutan juga diajukan terhadap terutama, kepala oposisi dari Partai Rakyat Republik (CHP), Kemal Kilicdaroglu dan wakil pimpinan Partai Demokratik Rakyat (HDP) Selahattin Demirtas, atas tuduhan pernyataan anti-Erdogan.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Zeid Raad Hussein, Uni Eropa dan kelompok organisasi kebebasan pers menyatakan keprihatinan atas tindakan keras yang dikenakan Ankara terhadap kebebasan berekspresi.

Di bawah hukum Turki, mereka yang terbukti bersalah menghina presiden dapat didenda atau dipenjara hingga empat tahun. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment