SADIS! Ginjal Seorang TKI diambil Majikannya, Menlu: Coba Tangani

VOA-ISLAMNEWS.COM, Jakarta – Sri Rabitah seorang TKI asal Lombok Utara mengalami hal yang menyakitkan. Ginjalnya diambil oleh majikan serta disiksa oleh perusahaan yang mengirimkannya ke Qatar. Dia memang mengakui bahwa dia bekerja di Qatar lewat jalur ilegal. Tetapi pemerintah tetap berupaya mencari jalan keluarnya.

“Kita sedang coba tangani, tim Direktorat Perlindungan WNI sedang menangani,” kata Menlu Retno Marsudi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2017).

Sejak Mei 2015 sebetulnya pemerintah RI sudah memberlakukan moratorium pengiriman TKI untuk sektor informal. Sri tahu akan hal itu, namun dirinya tetap berangkat ke Qatar.

Berbekal pengalaman 4 tahun menjadi TKI, dia memutuskan untuk berangkat ke Qatar lewat jalur tak resmi. Tetapi apa yang dialami sungguh tak bisa ditebak.

Tiba-tiba Sri disuruh ke rumah sakit oleh majikan. Dia lalu tak sadarkan diri dan setelah siuman barulah menyadari ada jahitan di perutnya. Belakangan dia baru tahu bahwa ginjal sebelah kanannya telah diambil tanpa sepengetahuannya.

Pada 2 Maret nanti, Sri akan menjalani operasi pengangkatan slang yang menjadi pengganti ginjal kanannya. Butuh biaya Rp 2,5 juta untuk operasi tersebut. Sri sendiri mengaku dibantu oleh asuransi BPJS, namun nyatanya dia masih harus mengeluarkan biaya sebagaimana pengobatan-pengobatan sebelumnya di rumah sakit umum daerah (RSUD) sekitar tempat tinggalnya. (VOAI/Detik)

Related posts

Leave a Comment