Saudi Gunakan Bom Cluster Buatan Inggris, Legislator London Menyesal

c16utynwgaaa1_e-e1484181294785.jpg

Kamis, 12 Januari 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, SA’ADA – Anggota Dewan Rakyat Inggris dari Partai Konservatif, Andrew Mitchell, pada hari Rabu (11/01) kemarin mengakui bahwa Inggris telah menjual bom-bom cluster kepada Arab Saudi sejak lama, namun ia berkilah bahwa Inggris telah berhenti memproduksi dan mengekspor senjata semacam itu.

Dalam kunjungannya ke provinsi Sa’ada, Yaman kemarin, Mitchell diperlihatkan banyak sisa-sisa bom cluster buatan Inggris yang telah digunakan Saudi untuk menyerang warga sipil Yaman.

Sumber Yaman mengatakan kepada ARN bahwa Mitchell saat melihat bom-bom cluster itu mengatakan bahwa bom yang terlarang ini telah dijual ke Saudi sejak lama, dan Inggris sudah berhenti membuat dan mengekspor bom semacam ini.

Dalam pernyataannya ia menambahkan bahwa seharusnya, “senjata-senjata ini adalah untuk pembelaan diri, bukan untuk menyerang,” dan ia menyesalkan bahwa hal ini telah disalah gunakan (oleh Saudi).

c16utynwgaaa1_e

c16nn8sxuamjkcx

c16nn9kxuam_rk2

c16utyawqas1cf9
Sehari sebelumnya, Mitchell bersama dengan Koordinator Residen PBB untuk Yaman, Jamie Mcgoldrick dan Direktur Jenderal Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, George Khoury bertemu dengan Presiden Dewan Politik Agung, Saleh Al-Sammad di kediaman Presiden di Sana’a.

Dalam pertemuan tersebut, mereka meninjau situasi kemanusiaan di Yaman dan perkembangan situasi politik dan peran Perserikatan Bangsa Bangsa di Yaman dan upaya perdamaian serta inisiatif yang dibuat oleh teman-teman dari perdamaian dan stabilitas di dunia dan semua pihak yang menghadapi bahaya Al-Qaeda dan Daesh. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment