Sistem Anti Rudal Balistik Milik AS Mulai Dikerahkan ke Korea Selatan

Rabu, 08 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, SEOUL – Pejabat militer AS menyatakan bahwa Militer Amerika Serikat telah mulai penyebaran sistem THAAD di Korea Selatan.

“Amerika Serikat telah memulai proses penyebaran sistem anti rudal balistik Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Korea Selatan,” demikian bunyi laporan Yonhap pada hari Selasa (07/03) mengutip seorang pejabat Departemen Pertahanan.

Menurut Kantor Berita Yonhap, bagian dari sistem itu dikirim pada hari Senin ke Osan Air Base di Pyeongtaek, 43 mil selatan Seoul.

Sistem THAAD memiliki jangkauan lebih dari 200 kilometer (125 mil) dan dirancang untuk mencegat rudal balistik pendek, sedang dan menengah pada tahap masuk terminal. Perjanjian THAAD antara Korea Selatan dan Amerika Serikat telah tercapai pada Juli 2016, didorong oleh pengembangan program nuklir Korea Utara.

Sebelumnya, juru bicara Departemen Pertahanan AS, Komandan Angkatan Laut Gary Ross mengatakan kepada Sputnik bahwa diluncurkannya rudal oleh Korea Utara menegaskan bahwa keputusan untuk menyebarkan sistem THAAD ke Korea Selatan adalah benar.

Pada hari Senin, media melaporkan bahwa Korea Utara menembakkan empat rudal balistik, dan tiga diantaranya mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang, memicu reaksi negatif dari, Seoul, Tokyo dan sekutu mereka. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment