Surati PBB, Damaskus Sebut Turki Sponsor Teror di Suriah

Kementerian Luar Negeri Suriah, secara terpisah melayangkan surat kepada Sekretaris Jenderal PBB António Guterres dan Dewan Keamanan Presiden Matius Rycroft, Jumat (10/02), yang mengutuk pasukan militer Turki atas tindakan mereka yang “agresif” dan “berbahaya”, serta pelanggaran kedaulatan Suriah secara mencolok dari Piagam PBB, prinsip bertetangga baik dan resolusi Dewan Keamanan tentang pemberantasan terorisme.

Pernyataan ini mencatat bahwa pemerintah Suriah memandang Turki sebagai sponsor teror, dan menuduh Ankara bertanggung jawab penuh atas kematian puluhan ribu orang yang tidak bersalah, kerusakan infrastruktur Suriah atas instruksi langsung dari Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pasukan keamanannya, selain penyediaan segala macam dukungan keuangan dan militer.

Kementerian Luar Negeri Suriah lebih lanjut mendesak dua badan dunia untuk mengakhiri serangan militer Turki, dan menggambarkan serangan tersebut sebagai “upaya langsung oleh pemerintah Ankara untuk menghambat kemajuan pasukan tentara Suriah dan sekutu mereka dalam memerangi kelompok teror”. (Baca: Pemerintah Suriah Adukan Kejahatan Turki ke PBB)

Pernyataan itu muncul kurang dari sehari setelah satu sumber militer yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita resmi SANA bahwa pasukan Turki telah melemparkan sebuah rentetan peluru artileri dan roket ke pos penjaga perbatasan dekat kota Manbij, yang terletak hanya 40 kilometer dari perbatasan Turki. Serangan itu setidaknya menewaskan delapan polisi perbatasan dan melukai puluhan lainnya. (Voai)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment