Tentara Suriah Berhasil Kuasi Barat Palmyra

“Tentara telah memasuki lingkungan barat Palmyra dan telah menguasai bagian dari itu,” Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan kepada AFP, Rabu (1/03/2017).

Sebelumnya pada hari itu, sebuah laporan media Hizbullah mengatakan, pasukan Suriah dan pejuang sekutu telah merebut kembali Palmyra Citadel, yang terletak di pinggiran barat kota.

Pasukan Suriah juga berhasil merebut kembali kompleks istana ke barat daya kota, laporan tersebut menambahkan.

Sebelumnya pada hari itu, sumber militer Suriah yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan Suriah yang didukung oleh perlindungan udara Rusia, telah maju ke pinggiran Palmyra, dalam beberapa hari terakhir dan mereka “akan segera mulai masuk ke kota.”

Perkembangan datang pada hari yang sama bahwa militer Suriah mengumumkan merebut kembali daerah yang disebut “segitiga Palmyra” beberapa kilometer sebelah barat kota.

Sementara itu, kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan bahwa bentrokan sengit antara gerilyawan ISIS dan tentara Suriah dan pejuang sekutu, meninggalkan puluhan teroris tewas atau terluka.

Sementara, Rusia juga telah menyatakan kesiapannya untuk menyebar pesawat untuk mendukung operasi Palmyra.

Tentara Suriah, yang didukung oleh serangan udara kontra-terorisme Rusia, telah membebaskan Palmyra pada Maret 2016 setelah ISIS mengendalikan kota itu selama 10 bulan.

Namun, ISIS berhasil merebut kota kuno sekali lagi pada Desember 2016 setelah sehari pertempuran intens, saat sebagian militer Suriah difokuskan pada operasi pembebasan Aleppo timur dari kelompok-kelompok teroris. [Voai]

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment