Terkait Pembebasan Tal Afar, Erdogan Ancam Irak

Senin, 01 Mei 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, BAGHDAD – Seorang anggota parlemen senior Irak mengungkap bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengancam Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi untuk menahan pasukan Hashd al-Shaabi (Pasukan relawan Irak) dari operasi apapun untuk membebaskan Tal Afar.

“Erdogan telah menyampaikan pesan kepada Abadi memperingatkan bahwa jika Hashd al-Shaabi maju ke arah Tal Afar, pasukan Turki juga akan ditempatkan di wilayah tersebut,” ungkap Nahleh al-Hababi seperti dikutip oleh situs berita al-Mouqef al-Iraqi, Minggu (30/04).

Legislator Irak itu juga menggarisbawahi bahwa Hashd al-Shaabi telah mengelilingi wilayah Tal Afar dari beberapa front dan akan memainkan peran utama dalam operasi pembebasan daerah itu.

Dalam pernyataannya yang relevan awal bulan ini, seorang komandan senior Hashd al-Shaabi menggarisbawahi kesiapan penuh pasukannya untuk melancarkan serangan terhadap basis ISIS di Tal Afar.

“Tal Afar adalah basis terakhir ISIL di Mosul. Kami telah mengelilingi kota ini sejak beberapa bulan yang lalu,” kata Abu Mahdi al-Mohandes.

Menekankan pentingnya Tal Afar dan pembebasannya, dia berkata, “Pasukan relawan Irak sepenuhnya siap untuk menyerang Tal Afar namun keputusan untuk memulai serangan tersebut adalah atas perintah Jenderal Angkatan Bersenjata.”

Mohandes juga mengatakan bahwa sejauh ini 5.000 km persegi wilayah Irak telah dibebaskan dari ISIS. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment