Tolak Temui Menlu AS, Putin Luangkan Waktu untuk Presiden Italia

Rabu, 12 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin tampaknya terlalu sibuk untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson pada hari Selasa kemarin, tetapi meluangkan waktu untuk bertemu dengan Presiden Italia, Sergio Mattarella di Moskow. Media Politico menyatakan hal ini pada Selasa (11/04) kemarin.

Tillerson, diplomat tinggi Amerika, datang ke ibukota Rusia Selasa sore untuk pertemuan dengan timpalannya dari Rusia Sergei Lavrov.

Jubir Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa tidak ada pertemuan direncanakan, menunjukkan Tillerson akan mengikuti protokol diplomatik yang ketat dan hanya bertemu dengan mitra langsungnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

“Kami belum mengumumkan pertemuan tersebut dan sekarang tidak ada pertemuan dengan Tillerson dalam buku harian presiden,” kata Peskov kepada wartawan sebagaimana dikutip Reuters..

Italia memegang jabatan presiden bergilir G7 namun peran Mattarella sebagai presiden republik ini masih seremonial. Roma, bagaimanapun, adalah salah satu dari beberapa sekutu yang masih dimiliki Moskow di Uni Eropa.

Putin mengakui koneksi Italianya itu pada hari Selasa, “Kami memiliki banyak teman di Italia,” katanya di akhir makan siangnya dengan Mattarella.

Sebelum makan siang dengan Putin, presiden Italia juga bertemu dengan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment