Moskow: Ketegangan Makin Meningkat Akibat Agresi Turki di Wilayah Irak dan Suriah

Kamis, 27 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Rabu menegaskan bahwa agresi Turki di wilayah perbatasan Suriah dan Irak meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut, meminta semua pihak untuk “menahan diri” dan fokus pada pemberantasan terorisme.

“Tindakan semacam itu memicu kekhawatiran sangat serius di Moskow. Kami membicarakan tindakan militer Turki terhadap pasukan Kurdi yang sedang benar-benar menentang kelompok teroris, terutama ISIS, di lapangan,” kata kementerian tersebut sebagaimana dikutip TASS, Rabu (26/04). (Baca juga:Turki Klaim Tewaskan 70 Pejuang Kurdi di Irak dan Suriah)

“Dalam kondisi ketika menyelesaikan perang melawan terorisme di Irak dan Suriah masih jauh, tindakan semacam itu pasti menghambat konsolidasi upaya anti-teroris, meningkatkan situasi yang sudah menegangkan,” kata kementerian tersebut.

Kementerian Luar Negeri Rusia juga menyatakan bahwa apa yang menimbulkan kekhawatiran adalah bahwa serangan udara Turki menargetkan wilayah dua negara berdaulat, menekankan bahwa operasi semacam itu tidak dapat diterima. (Baca juga:Damaskus Kecam Agresi Turki di Timur Laut Suriah)

“Fakta bahwa serangan udara Turki dilakukan di wilayah negara-negara berdaulat di bypass pemerintah mereka yang sah, jelas menimbulkan keprihatinan. Kami menganggap tindakan ini tidak dapat diterima, berlawanan dengan prinsip-prinsip pendirian hubungan antar negara,” bunyi pernyataan kementerian itu lebih lanjut. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment