Pembantaian Saudi di Pasar Kokha Yaman Dikutuk Habis-habisan oleh Badan HAM

Senin, 13 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, SANA’A – Koalisi Internasional untuk Kebebasan dan HAM (ICFR) cabang Yaman sangat mengutuk pembantaian agresi Saudi di pasar Khokha di kota pelabuhan Hudaydah pada hari Jum’at.

ICFR yang berbasis di Paris itu mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterima kantor berita SABA pada Sabtu (12/03) bahwa pembantaian ini dan pembantaian lain yang telah Saudi lakukan atas rakyat Yaman adalah kejahatan perang menurut hukum kemanusiaan internasional.

ICFR meminta semua pihak untuk menghentikan kekerasan dan kembali ke meja dialog untuk mendapatkan jalan keluar dari terowongan gelap Yaman sejak dua tahun terakhir.

Badan ini menegaskan dukungan penuh terhadap semua upaya internasional untuk membawa perdamaian ke Yaman.

Sementara itu, Pusat Hukum untuk HAM dan Pembangunan (LCRD) juga mengutuk keras serangan udara Saudi pada pasar Khokha di kota pelabuhan Hudaydah Yaman Jumat, yang menyebabkan warga sipil tewas dan luka-luka.

Dalam sebuah pernyataan yang diterima SABA, LCRD mengatakan bahwa “dua tahun serangan agresi Saudi telah menewaskan lebih dari 12.000 orang Yaman, sebagian besar warga sipil.”

Dikatakan bahwa serangan udara agresi koalisi juga telah menghancurkan ribuan rumah sakit, sekolah, pasar dan fasilitas sipil.

Organisasi itu menyeru PBB untuk memikul tanggung jawab atas apa yang terjadi terhadap warga sipil Yaman, menekankan pada kebutuhan untuk menghentikan perang secepatnya. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment