Perkembangan Kebebasan Pers di Indonesia Cukup Positif Menurut UNESCO

Kamis, 27 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, Jakarta – Menurut UNESCO (Badan PBB bidang Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan), perkembangan kebebasan pers di Indonesia sudah cukup positif. Hal itu disampaikan dalam forum diplomatik Hari Kebebasan Pers Sedunia bertajuk ‘Media Mainstream vs Media Sosial’, Kamis (27/4/2017), di Tanah Abang, Jakarta.

“UNESCO selama ini memang terus memantau kebebasan pers di seluruh dunia,” kata Ming-Kuok Lim, Penasihat Kantor Komunikasi dan Informasi UNESCO Jakarta.

Menurut Ming-Kuok Lim, Indonesia terpantau memiliki regulasi-regulasi yang selama ini cukup dipatuhi, dewan pers di tiap institusi formal, dan akses terhadap pemberitaan publik.

“Itu semua membuat Indonesia dinilai memiliki perkembangan yang cukup positif dalam meningkatkan kebebasan persnya,” kata Ming-Kuok Lim lagi.

Ming-Kuok Lim juga menekankan bahwa sejauh ini belum ada negara yang sempurna kebebasan persnya dan bahwa semuanya masih selalu butuh perbaikan. Namun, jika dibandingkan dengan negara-negara lain, kebebasan pers Indonesia dinilai tidak begitu buruk.

Forum diplomatik pada hari itu diselenggarakan oleh RRI World Service (Voice of Indonesia), bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dalam forum tersebut dibahas fenomena penyebaran informasi yang saat ini ada di tengah masyarakat, termasuk penggunaan media sosial dan penyebaran berita hoax.(VOAI/Tribunnews)

Related posts

Leave a Comment