PUK dan KDP Sepakat Gelar Referendum Kemerdekaan Bangsa Kurdi

Senin, 03 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, KURDISTAN – Dua partai utama Kurdi, Uni Patriotik Kurdistan (PUK) dan Partai Demokrasi Kurdistan (KDP), mengeluarkan pernyataan bersama, mengumumkan pembentukan sebuah komite khusus, yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan referendum kemerdekaan di Kurdistan.

Sputnik mengutip dari media Rudaw melaporkan pada Minggu (02/04) bahwa perwakilan dari dua partai utama Kurdi dalam pertemuan di hari itu sepakat untuk mengadakan referendum kemerdekaan tahun ini. (Baca juga:Abadi: Baghdad Serius Jaga Keutuhan Irak)

Menurut berita Rudaw, partai-partai utama Kurdi itu mengeluarkan pernyataan bersama, mengumumkan pembentukan sebuah komite khusus, yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan referendum.

“Kedua belah pihak, melalui komite tinggi bersama, [ditugaskan untuk] membahas masalah ini dengan partai politik dan nasional Kurdistan untuk membentuk komite bersama untuk mengatur waktu dan mekanisme mengadakan referendum,” kata pernyataan itu, seperti dikutip outlet media. (Baca juga:AU Turki Bombardir Kurdi PKK di Irak Utara)

Menurut pernyataan itu, bangsa Kurdi memiliki “hak alamiah untuk memutuskan jalur politik dan administratif dalam referendum dan entitas sebuah negara merdeka.”

Kurdi adalah etnis minoritas terbesar di Turki, Irak, dan Suriah. Di Irak dan Suriah, Kurdi memerangi kelompok teror Daesh, sementara di Turki, mereka terlibat dalam konflik dengan otoritas negara. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment