Warga Palestina Turut Serta Mogok Makan Massal di Seluruh Wilayah Pendudukan

Jum’at, 28 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, TEPI BARAT – Warga Palestina telah melakukan pemogokan umum di wilayah yang diduduki Israel sebagai wujud solidaritas dengan pemimpin Palestina Marwan Barghouti dan ratusan tahanan lainnya di penjara Israel yang telah melakukan mogok makan selama beberapa hari.

Pada hari Kamis, hampir semua bisnis dan sekolah tetap tutup, dan angkutan umum berhenti di jalanan di semua kota di wilayah pendudukan Tepi Barat. Layanan bus Palestina juga mogok di Yerusalem timur al-Quds. Hanya dokter dan siswa yang mendekati wisuda yang tidak diikutsertakan. (Baca juga:Israel Peringatkan Aksi Mogok Makan Berpotensi Ciptakan Gelombang Besar Unjuk Rasa)

Khalil Rizeq dari Union of Palestinian Chambers of Commerce menggambarkan pemogokan tersebut sebagai yang terbesar dalam beberapa tahun.

“Serangan umum ini belum pernah terjadi sebelumnya selama bertahun-tahun,” kata Rizeq, menambahkan, “Semua industri Palestina, seperti transportasi, toko roti, toko, semua sektor swasta dan lembaga komersial berpartisipasi.” (Baca juga:Aktivis Zionis Pesta Barbekyu di Tengah Aksi Mogok Makan Tahanan Palestina)

Di kota Ramallah, sejumlah besar pemrotes berkumpul di sebuah tenda yang didirikan di Lapangan Yasser Arafat untuk berbaris melalui jalan-jalan kota Tepi Barat untuk mengungkapkan solidaritas mereka dengan para narapidana dan memuji pemogokan mereka.

Oday Homaid, seorang insinyur berusia 27 tahun, yang menghadiri demonstrasi dengan pekerja lain dari perusahaan pemeliharaannya, mengatakan bahwa ini adalah “hal minimum yang bisa kami lakukan untuk para tahanan.”

Munther Karaja, seorang pria berusia 42 tahun yang telah menutup toko kue, mengatakan: “Kami bisa mengorbankan satu hari untuk tahanan yang telah memberikan nyawa selama bertahun-tahun.”

Laporan terbaru menunjukkan serangkaian kekerasan telah meletus antara pasukan Israel dan pemrotes Palestina yang mendukung aksi mogok makan di berbagai kota di Tepi Barat.

Pasukan Israel menembakkan gas air mata ke pemrotes di kota al-Khalil dan juga di kota al-Eizariya di Yerusalem yang diduduki, al-Quds. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment